.:Maaf Iklan Dulu Sebentar "Kalau Menguntungkan, Kenapa Tidak?" [Close][Klik 2x]:.

Tentang Rai Utama | Free Ebooks | Free Ebooks | Bahan Kuliah Lengkap | Bahan Kuliah Manajemen | Jurnal dan Buku Tourism English Version



Bahan Gratis Kuliah: Niche Bisnis di Internet: Inilah 10 Hal yang Seharusnya Anda Tahu

Bahan Gratis Kuliah

Ilmu Kepariwisataan,Bahan Kuliah, Ekonomi Pariwisata, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Strategik, Pengantar Bisnis




HOME | Skripsi Tesis | PULSA GRATISS | Bahan Kuliah Lengkap | Bahan Kuliah Manajemen | Jurnal dan Buku Tourism English Version



Niche Bisnis di Internet: Inilah 10 Hal yang Seharusnya Anda Tahu

By Joko Susilo 

riset nicheSeperti saya kemukakan di posting peluang usaha sebelumnya, saya tengah membedah niche-niche bisnis internet Indonesia yang risetnya mungkin dalam beberapa hari ke depan akan selesai. Sebelum anda nikmati hasilnya, saya ingin bagikan beberapa hal penting seputar niche di bisnis internet. Ini penting, sebab niche atau ceruk pasar merupakan awal kunci dari berhasil tidaknya bisnis internet yang hendak anda jalankan nanti.

Mengenai persoalan niche ini, ada hal-hal penting yang sebaiknya anda ketahui. Apa sajakah itu?

  1. Pebisnis internet yang berhasil menjalankan bisnis internet di niche yang dipilihnya biasanya berhubungan dengan minatnya. Jadi, ketika seseorang memilih bergelut di niche "komputer" misal, karena dia memang memiliki minat atau passion tentang dunia komputer.
  2. Pebisnis internet juga bisa berhasil menjalankan bisnis internetnya di niche yang dia pilih, kalau bisnisnya tersebut berhubungan dengan pekerjaannya. Jadi, misalkan anda seorang arsitek, anda sudah lama berkecimpung di bidang arsitektur. Anda punya peluang jauh lebih besar untuk berhasil di niche tersebut dengan mendayagunakan kekuatan internet.
  3. Pebisnis internet juga bisa berhasil bermain di niche yang sama sekali bukan minatnya dan tidak terkait sama sekali dengan pekerjaannya saat ini, asal mau belajar tentang niche tersebut. Betul… sekalipun anda mungkin tidak punya passion tentang hal tersebut, namun selama anda mau mempelajarinya, anda juga bisa berhasil di bidang yang sebetulnya sama sekali bukan bidang anda itu.
  4. Niche market itu selalu berkembang. Permintaan dan penawarannya bisa selalu naik turun. Namun selalu ada niche market di internet yang stabil dan permintaannya tak pernah berkurang, tapi sebaliknya justru selalu bertambah. Kira-kira perbandingannya di dunia offline seperti niche "sembako" yang selalu anda butuhkan tiap hari. :)
  5. Kebutuhan dan keinginan adalah inti dari sebuah niche. Saat ada orang yang membutuhkan/menginginkan sesuatu, maka niche itu pun tercipta. Mengenai perbedaan antara kebutuhan dan keinginan itu terkadang tipis sekali bedanya. Semakin anda paham mengenai kebutuhan/keinginan dalam suatu niche, anda akan makin jago untuk mengeksplorasi niche tersebut.
  6. Ada banyak sekali niche di internet, namun tak semuanya menghasilkan. Saran saya, fokuslah pada niche yang memang menguntungkan. Silakan baca lagi posting Dua Pertanyaan Yang Selalu Anda Butuhkan Sebelum Menjual Apapun di Internet.
  7. Niche yang bagus, baru akan terkelola dengan baik ketika anda mampu menyediakan produk/service yang berkualitas, serta dukungan traffik yang memadai. Soal traffik, anda bisa pelajari di kategori web traffic atau ilmu-ilmu traffik yang ada di AsetVirtual.com.
  8. Sebuah niche juga akan bisa dikelola dengan baik saat anda tahu dengan baik siapa konsumen anda, apa yang mereka butuh/inginkan, serta bagaimana cara anda membangun hubungan dengan mereka.
  9. Beda niche bisa beda pendekatan marketing yang semestinya anda lakukan. Bagi anda yang berkecimpung di beberapa niche, anda pasti tahu karakter tiap-tiap niche. Belum lagi kalau target marketnya berbeda, pasti pendekatannya pun jadi beda. Untuk mengetahuinya, tak ada lain caranya kecuali masuk ke dalam niche tersebut.
  10. Ada sangat banyak micro niche yang saya rasa cukup menghasilkan namun masih belum ada yang menggarapnya. Bagi pemula bisnis internet, sangat saya sarankan untuk memulainya di sana. Anda bisa memulai menjadi "ikan besar di kolam yang kecil".

Inilah beberapa hal penting seputar niche yang seharusnya anda tahu. Sudah lebih mengerti soal niche kan? :)

Pada umumnya, soal riset pasar yang biasa diajarkan di banyak pembelajaran bisnis internet hanya soal membandingkan antara demand dan supply. Tapi yang saya lakukan di sini melampaui hal itu, bukan sebatas melihat antara sisi permintaan pasar dan penawaran pasar di internet. Karena itu, saya sebut metode ini dengan riset pasar 360 derajat.

0 Responses to “Niche Bisnis di Internet: Inilah 10 Hal yang Seharusnya Anda Tahu”

Posting Komentar



Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free

Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free

Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free

Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free




Banner 125x125 - 1

Links



XML

Powered by Blogger

make money online blogger templates



© 2013



Bahan Gratis Kuliah | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health

Free Ebooks | Free Ebooks | Free Ebooks | Bahan Kuliah Lengkap | Bahan Kuliah Manajemen | Jurnal dan Buku Tourism English Version